An INTP

Rabu, November 22, 2017

Mengetahui kepribadian diri sendiri bukanlah hal yang umum dilakukan.  Pilihan kepribadian lebih dianggap sebagai suatu hal yang spekulatif, padahal, dari itulah kita mungkin bisa lebih mengenal diri kita sendiri, apa kelebihan & kekurangan kita. Even menentukan masa depan kita.  So, this is my personality, and maybe mostly a fact. Haha..

Deskripsi Kepribadian Chandra Septian

Kamu rasional, suka mencari solusi, selalu penasaran dan ingin mencari ilmu, karena kamu sangat menghargai kecerdasan dan kompetensi. Alhasil, kamu memandang hampir segala hal dengan skeptis, kadang-kadang kritis, dan selalu analitis. Kamu suka berteori tentang ide dan konsep, memikirkan penjelasan logis untuk segala hal yang menarik buatmu, dan bertanya-tanya kepada orang lain maupun dirimu sendiri, agar bisa lebih memahami dunia. Dan karena kamu adalah pragmatis garis keras, kamu selalu mencari cara paling efisien untuk meraih tujuan. Kamu toleran dan fleksibel terhadap berbagai macam perilaku, sehingga kamu hanya akan berdebat kalau merasa terpaksa. Tapi begitu kamu berdebat, kamu adalah lawan debat yang berat, lho! Soalnya kamu sangat jago dalam “membingkai” argumen. Apalagi, kamu berpikir dan berbicara dengan presisi tinggi. Kamu nggak takut dan nggak gampang kagum oleh otoritas yang “lebih tinggi” (orang tua, guru, kakak kelas, selebriti). Kamu cuma tertarik sama hal-hal yang masuk akal, konsisten dan koheren, alias “berbobot”. Alhasil, kamu mau, kok, mendengarkan saran, misalnya, adik kelas, kalau ide-ide mereka berguna. Namun kamu akan cuek dengan saran para guru, jika ide-ide mereka memang nggak berguna.

Super Power Chandra Septian:
  • ·      Bisa cepat melihat hal-hal yang nggak konsisten dan nggak logis, dan jago membongkar gagasan-gagasan, untuk lalu disusun kembali.
  • Bisa fokus memecahkan masalah-masalah di bidang yang kamu minati.
  • Seorang problem solver yang mandiri, dan jago membuat analisa dari sebuah gagasan atau situasi.
  • Bisa melihat berbagai kemungkinan dan hubungan, yang mungkin nggak bisa dilihat oleh orang-orang lain.
  • Jago memberikan masukan intelektual untuk jangka panjang maupun pendek.
Kelemahan Chandra Septian :
  • Selalu ingin mengungkapkan fakta yang benar, tetapi caramu kadang ribet banget, sehingga orang lain sulit memahami kamu.
  • Sangat menghargai kecerdasan, tapi akibatnya, kamu bisa tampak sombong dan nggak sabar dengan orang lain yang kamu anggap kurang punya kemampuan atau motivasi.
  • Kamu menghargai presisi dalam komunikasi, dan nggak suka pengulangan atau menyatakan hal-hal yang sudah jelas. Alhasil, kamu bisa dipandang nggak sabaran.
  • Kamu berdiskusi untuk memahami sesuatu yang belum jelas, sehingga kamu bisa jadi berdiskusi dengan intense. Akibatnya, lawan bicaramu jadi sering merasa nggak nyaman.


Chandra Septian di Lingkungan Sosial
Kebanyakan orang melihat kamu sebagai pendiam, tertutup, dan sulit didekati, karena kamu cenderung malu-malu—kecuali dengan teman-teman dekat—dan sikap malu-malu ini sulit ditembus. Kamu juga terobsesi dengan analisis, dan hal ini bisa bikin kamu semakin tertutup. Soalnya, begitu kamu asyik merenung dan berpikir sendiri, kamu akan menutup diri sampai kamu memahami masalah yang kamu pikirkan. Meskipun begitu, sebenarnya kamu bisa jadi cerewet kalau sedang membahas hal-hal yang kamu kuasai. Kamu juga fleksibel dan mudah beradaptasi, kok.

Gaya Belajar dan Bekerja Chandra Septian :
Kamu suka banget belajar dengan cara menganalisis dan mencari solusi, sehingga kamu senang mencari pengetahuan atau jawaban dengan cara menggabung-gabungkan informasi dari berbagai sumber dan perspektif, walaupun kelihatan nggak nyambung. Malah, semakin tinggi tantangan belajar dan dorongan intelektualitasnya, kamu makin semangat! Kamu merasa susah fokus mengerjakan tugas-tugas rutin, tetapi sebaliknya, semangat meneliti masalah-masalah kompleks yang bikin kamu penasaran. Kamu suka belajar dengan caramu sendiri, dan nggak suka terlalu banyak diatur. Ditambah dengan kemampuan konsentrasi kamu yang oke, kamu jadi prefer belajar sendirian di komputer atau meja. Kalaupun harus belajar bareng, kamu lebih suka belajar dengan teman-teman yang sama-sama terpelajar dan intelek.

Pilihan Karir Untuk Chandra Septian :
Karena kamu punya sifat independen, umumnya kamu tertarik kepada profesi-profesi di mana kamu bisa menjadi bos dirimu sendiri, seperti: dokter mata, dokter bedah plastik, ahli saraf, ilmuwan, pengacara, arsitek (pastinya!), analis keuangan. Dan karena kamu sangat menghargai intelektualitas, banyak golongan INTP bekerja sebagai akademisi level tinggi, di bidang-bidang seperti arkeologi, kimia, filsafat, atau matematika. Selain itu kamu juga bisa bekerja di pekerjaan kreatif, seperti musisi, penemu, atau fotografer.
Fun Fact About Him!
  • Karena kamu punya sikap tenang, pendiam dan reflektif, kamu jadi lebih suka bersantai sendirian. Bagi kamu, kegiatan rekreasi soliter penting.
  • Kurang suka pesta atau kegiatan bersosialisasi yang konvensional, dan olahraga, dan lebih suka kegiatan-kegiatan intelektual, seperti membaca, datang ke acara budaya, dan main catur.
  • Bisa suka backpacking, hiking, dan meditasi.
"Aku ada di bawah apa yang kamu katakan dan di atas apa yang kamu pikirkan." This is just for fun.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe